~ Catatan penting, Catatan ringan dan Catatan indah ~

Thursday, April 10, 2008

Pelayanan SIM A Keliling (part 2)

Akhirnya, melanjutkan "perjuangan" memperpanjang SIM A kemarin, saya berangkat lebih pagi, dan sampai di mobil SIM Keliling pukul 8:30.

Antrian sudah panjang, dan butuh waktu 30 menit sampai di depan loket. Tepat pukul sembilan saya terima formulir. Jangan lupa siapkan SIM Asli dan 2 buah Fotokopi KTP.

Dasar Indonesia, ada saja yang malas nulis formulir sendiri, sehingga ada orang menawarkan jasa "menuliskan formulir".... Apa kata dunia !?

Tak lama kemudian, pada saat saya mengisi formulir, ada pengumuman "Mohon maaf, formulir sudah habis. Kami hanya menyediakan 100 lembar formulir, karena komputer cuma satu, dan ini saja melayani hingga jam 2 siang. Silakan coba ke Kemayoran".

Kecewa lah orang2 yang sudah antri lama, karena tidak ada info sebelumnya, berapa banyak formulir yang di sediakan, dan berapa lama yang tersisa.

Selesai isi formulir, saya serahkan ke petugas tinggal nunggu deh....
Kemudian, terdengar pengumuman lagi "Yang nama-nama disebutkan ini, datang saja lagi jam 12:30 untuk foto, karena proses masih lama....".

Dan nama saya termasuk yang dipanggil. Jadi deh saya kembali ke kantor dulu.

Jam 12:30 tepat, saya sampai disana lagi. Mobil masih belum melayani, masih istirahat, tertulis "Istirahat jam 12:00 - 13:00", walau kata petugas parkir disana, jam 11 mereka sudah tutup.

Jam 12:50, saya dipanggil masuk. Mereka lalu melakukan:
1. Test Penglihatan
2. Tanda Tangan
3. Foto dan Cap Jempol kiri-kanan.

Kemudian saya bayar Rp. 85 ribu sesuai permintaan (walau resminya tidak tertulis atau tidak terlihat berapa total biaya).

10 menit kemudian, nama saya dipanggil, SIM A saya sudah diperpanjang... Akhirnya Jadi Juga.

Tips dari saya:
1. Datang pagi-pagi... kalau perlu 7:30 sudah tunggu di tempat SIM Keliling.
2. Siapkan foto kopi KTP 2-3 lembar. 2 buat diberikan, 1 untuk jaga-jaga. (Untuk yang perpanjang SIM A dan C, butuh 3 lembar fotokopi KTP).
3. Ingat, Jam layanan hanya sampai formulir habis. Jam yang tertera adalah jam kerja untuk membuat SIM-nya. Banyak yang "ketipu", mereka datang setelah makan siang, dan kecewa. Mereka "tertipu" dengan tulisan jam 8:00 - 15:00.

Persiapan:
a. Biaya SIM 85ribu (kadang lebih, tergantung tempat. Temen saya kena 105rb, hebat khan?)
b. Busway p.p yang pertama 7rb (karena kehabisan formulir)
c. Busway p.p yang kedua (sambil nunggu giliran foto). Bisa di ganti dengan berpanas2 nunggu.
d. Busway p.p yang ketiga untuk foto dan pulang lagi.
e. Bolpen dan alas untuk menulis formulir
f. Payung
g. Tempat Duduk
h. Minum.

Selamat berjuang !

0 Comments:

Post a Comment

<< Home