~ Catatan penting, Catatan ringan dan Catatan indah ~

Friday, October 24, 2008

Laskar Pelangi - The Movie



Baru kemarin saya sempat menonton film "Laskar Pelangi" di Senayan XXI bersama istri, setelah terakhir ke sinema bulan maret, karena kesibukan :)...

Saya bukan pembaca buku, jadi saya hanya dengar Novel Laskar Pelangi yang bombastis tersebut tanpa berminat untuk membeli novelnya, karena saya tidak akan sanggup membaca novel ...he..he

Setelah menonton, yang mungkin bagi penonton wanita cukup menghabiskan beberapa tissue, saya coba ambil beberapa hikmah di film tersebut, tanpa harus membeberkan ceritanya...

Ada kalimat yang cukup mengena: "Hiduplah untuk memberi lebih banyak, bukan menerima lebih banyak".

Tidak ada salahnya kita bekerja dan berusaha, demi menghidupi keluarga, cuma jangan lupa untuk memberi... Jangan lah terlalu serakah kira-kira begitu, karena masih banyak orang yang memerlukan.

Film ini memberi motivasi orang untuk belajar dan belajar, baik dengan membaca buku, atau belajar dari kehidupan dan semangat orang lain.

Juga memberi contoh, kepada orang tua, bahwa walau keadaan susah, tetap berusaha mendorong anak-anak untuk tetap sekolah, bukan bekerja. Karena ada waktunya manusia untuk bekerja, bukan saat masih anak-anak.
Walau tidak semuanya beruntung, karena ada anak-anak yang terpaksa bekerja karena sudah tidak punya orang tua yang bisa memberi makan untuk mereka.

Jadi, tontonlah film ini supaya memotivasi anda untuk:
- Memberi lebih dari pada menerima
- Pantang menyerah
- Tetap pada pendirian agama dan moral, walau lingkungan tidak mendukung
- Kebenaran akan menang, dan tirani akan hancur. Hanya waktu yang akan menjawab
- Walau diri gagal mencapai cita-cita, bukan berarti anak-anak anda harus mengalami hal yang sama
- Kreatif lah, gunakanlah alam untuk mendukung kreatifitas anda.

1 Comments:

Blogger Unknown said...

Kebalikan dari anda, saya adalah seorang pembaca buku.
Jauh hari sebelum Mira Lesmana dan Riri Reza membuat film "Laskar Pelangi", saya sudah melahap habis tulisan karya Andrea Hirata tersebut. Kagum dan takjub.
Tidak sia-sia rasanya, minta tolong teman untuk membelikan dan mengirimkannya ke negeri kanguru (andai saja toko buku Gramedia buka cabang di asutralia) hehehe..

Kalau anda mengijinkan, saya ingin menambahkan satu hal [supaya memotivasi untuk: ]
- Menghargai sahabat, dan arti sebuah persahabatan.

Seperti persahabatan yang dijalani anak-anak Laskar Pelangi, dengan latar belakang keluarga yang berbeda-beda, keterampilan tiap anak yang berbeda, bahkan suku yang berbeda. Namun kita semua sama, sederajat di mata Sang Pencipta.
Semoga kita - manusia - bisa seperti anak-anak kecil tersebut, menghargai persahabatan.

5:44 PM

 

Post a Comment

<< Home